Friday, August 23, 2019

8 Cara Membuat Orang Tua Tidak Menolak Caregiver

Be a Real Nurse

Tidak selamanya mendatangkan caregiver ke rumah adalah hal yang buruk. Terutama untuk Anda yang bekerja, menyewa perawat lansia adalah alternatif merawat dan memperhatikan orang tua dengan maksimal. Hanya saja tidak semua orang tua mampu berlapang dada. Sangat banyak orang tua yang marah, kecewa dan tidak terima dengan ide mendatangkan caregiver. Jika orang tua Anda adalah salah satunya, coba 8 cara efektif berikut ini untuk membujuk kedua orang tua Anda untuk mau menerima kedatangan caregiver.

Lakukan secara bertahap

Mengatasi rasa tersinggung dan marah orang tua, tidak dapat dilakukan dengan emosi tinggi. Anda harus menjadi pihak yang lebih rendah dan mengalah. Untuk orang tua lansia yang marah saat Anda membawa seorang caregiver ke rumah, tidak perlu ditanggapi dengan marah juga. Lakukan pelan-pelan dengan durasi hanya beberapa jam, setelah itu perawat dapat langsung pulang. Tambahkan durasi kunjungan setelah orang tua merasa nyaman. Begitu seterusnya sampai tidak ada lagi keberatan yang keluar dari orang tua

Dengarkan alasan orang tua

Seringkali anak selalu egois dengan hanya mementingkan kebutuhannya sendiri. Untuk urusan perawat lansia, Anda juga harus memposisikan kedudukan kedua orang tua. Untuk itu saat orang tua keberatan, cobalah untuk mendengarkan alasannya. Pahami dengan baik rasa takut dan tidak nyaman yang dikhawatirkannya. Setelah itu sampaikan pelan-pelan manfaat caregiver. Bila perlu libatkan orang tua dalam memilih caregiver sehingga membuatnya lebih nyaman dan takut lagi.

Mengungkapkan alasan

Salah satu hal yang menyebabkan orang tua menolak caregiver adalah saat merasa harga dirinya terluka karena dianggap tidak berguna sehingga membutuhkan bantuan orang lain. Untuk itu, Anda harus menyampaikan di depan kedua orang tua, alasan untuk memanggil perawat lansia. Sampaikan dengan baik, bahwa perawat ini datang untuk membantu Anda dan untuk kepentingan Anda. Bukan untuk membuat kedua orang tua merasa tidak berguna.

Rekomendasi dokter

Dengan kondisi fisik yang tidak lagi kuat seperti dulu, orang tua lanjut usia akan rentan jatuh, terbentur dan masih banyak penyebab cedera lainnya. Untuk itu saat kedua orang tua mulai marah dan keberatan dengan ide caregiver, coba sampaikan bahwa pemanggilan caregiver merupakan hasil rekomendasi dokter untuk mencegah cedera. Biasanya perkataan dan rekomendasi dokter jauh lebih dipercaya dibanding dengan perkataan Anda sendiri. Lebih lagi hasil rekomendasi dokter seperti sebuah perintah yang harus dilakukan.

Menyampaikan kebutuhan

Menjadi anak dengan orang tua lanjut usia, belum lagi pekerjaan dan keluarga akan membuat Anda tidak mudah beraktivitas. Saat bekerja di luar, Anda akan terpikir kondisi rumah dan kedua orang tua. Sementara saat dekat orang tua, urusan pekerjaan tidak dapat ditunda. Jika orang tua menolak kedatangan caregiver, cobalah sampaikan kebutuhan Anda. Bahwa Anda membutuhkan perawat lansia untuk menjadi anak yang baik sekaligus tidak lalai dalam bekerja dan menjaga keluarga.

Tidak berbayar atau gratis

Alasan yang sering digunakan orang tua untuk menolak caregiver adalah karena biaya yang besar. Alasan ini dapat Anda siasati dengan mengatakan bahwa tenaga caregiver ini tidak menghabiskan banyak biaya sehingga tabungan Anda tidak akan habis karena mendatangkan caregiver. Atau Anda bisa menyiasatinya dengan mengatakan bahwa perawat ini datang tanpa biaya atau gratis sehingga orang tua tidak merasa membebani Anda karena dirawat oleh seorang caregiver.

Petugas adalah teman

Alasan kedua orang tua keberatan untuk dirawat caregiver bisa jadi karena tidak nyaman berinteraksi dengan orang asing. Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan kesan bahwa petugas perawat lansia ini merupakan teman yang siap membantu Anda menjaga orang tua. Biasanya saat Anda mengatakan kata teman, orang tua akan lebih nyaman berinteraksi. Kedua orang tua akan merasa lebih nyaman dirawat karena merupakan teman Anda.

Sementara

Jika dengan banyak cara di atas kedua orang tua Anda tidak mengubah keputusannya, Anda dapat mencoba cara terakhir. Katakan kepada kedua orang tua Anda jika keberadaan caregiver untuk merawat mereka hanya sementara. Hanya beberapa bulan selama Anda menyelesaikan pekerjaan atau urusan bisnis tertentu. Selama waktu tersebut cobalah rebut hatinya kembali sehingga tidak keberatan untuk dirawat oleh petugas caregiver.
an

No comments:

Post a Comment