Wednesday, September 4, 2019

Untuk Lansia Dengan Kebutuhan Alat Medis Khusus, Ini 5 Kriteria Caregiver Terbaik




Kebutuhan tenaga caregiver sekarang ini memang luar biasa banyak. Semakin banyak orang yang membutuhkan bantuan perawat ini untuk membantu memberikan perawatan terbaik bagi anggota keluarga. Hanya saja, kebutuhan caregiver masing-masing orang berbeda. Terutama untuk lansia dengan kebutuhan alat medis khusus, tidak sembarang tenaga caregiver yang digunakan. Setidaknya harus ada 5 kriteria berikut ini untuk caregiver yang menangani lansia dengan kebutuhan alat medis khusus:

1. Memiliki latar belakang medis yang baik

Ada beberapa tipe pasien lansia yang sering ditangani caregiver. Ada jenis pasien lansia yang hanya membutuhkan bantuan fisik semisal membantu berjalan, mengganti baju dan lain sebagainya, namun tidak berhubungan dengan penggunaan alat-alat medis tertentu. Ada pasien lansia dengan kebutuhan alat medis khusus, sehingga benar-benar tergantung pada caregiver.

Untuk lansia yang memiliki kebutuhan alat medis khusus, diperlukan seorang caregiver yang memiliki latar belakang medis terbaik. Tidak hanya terlatih menangani alat-alat medis semisal oksigen, NGT, kateter dan lain sebagainya. Dengan latar belakang medis yang baik, semua kebutuhan peralatan medis tersebut dapat ditangani dengan baik. Sehingga pasien lebih nyaman dan tidak merasa kesakitan selama dalam perawatan.

2. Profesional dan berpengalaman dalam menangani lansia kebutuhan medis khusus

Pasien lansia dengan berbagai peralatan medis yang berada di tubuhnya, senderung pasif dan tidak memberikan banyak respon saat menjalani perawatan. Namun tetap saja, pemakaian alat-alat penunjang ini harus dipastikan tetap nyaman dan tidak sakit. Alat-alat harus terpasang dengan baik dan tidak bergeser yang membuatnya nyaman.

Seorang caregiver yang profesional dan berpengalaman menangani lansia kebutuhan khusus tidak asing lagi dengan alat-alat medis tersebut. Bahkan meski tidak diperbolehkan untuk memasangnya, caregiver akan dapat memastikan bahwa alat-alat tersebut tidak membuat pasien tersiksa. Sehingga keselamatan dan kenyamanan pasien lebih terjamin.

3. Sabar dan telaten

Beberapa penyakit kronis tertentu, membuat pasien lansia harus menggunakan peralatan medis tidak hanya satu melainkan beberapa jenis. Di mana peralatan medis ini saling tersambung dan membelit yang bisa jadi saat tersenggol ringan justru membuat pasien tidak nyaman. Untuk itu seorang caregiver haruslah memiliki sifat sabar dan telaten selama merawat.

Dengan keberadaan peralatan, mesin dan selang yang saling terhubung, pekerjaan caregiver akan lebih berat dalam merawat pasien. Saat membersihkan tubuh hingga mengganti pakaian dan seprai, caregiver harus sangat berhati-hati sehingga tidak menyentuh peralatan medis yang terpasang. Hanya mereka caregiver yang sabar dan telaten yang mampu melakukannya.

4. Komunikatif kepada pasien dan keluarga

Saat mengetahui anggota keluarganya menjalani perawatan yang cukup rumit, dengan peralatan yang banyak terpasang di tubuhnya, biasanya pihak keluarga cenderung tidak sampai hati untuk merawatnya seorang diri. Perasaan tidak tega dan takut menyebabkan mereka lebih mempercayai petugas caregiver. Meski begitu, jangan sampai kehilangan komunikasi dengan pasien dan juga caregiver sendiri.

Untuk itu pilih tenaga caregiver yang dapat berkomunikasi dengan keluarga. Apapun perkembangan pasien harus disampaikan sehingga keluarga merasa lebih tenang. Selain itu caregiver juga harus dapat berkomunikasi dengan pasien. Meski kesadarannya rendah, namun pasien dapat merasakan perhatian serta kata-kata postif yang diucapkan seseorang untuknya. Tidak ada yang pernah tahu jika kata-kata dan sentuhan yang penuh perhatian dari caregiver dapat memberikan keajaiban.

5. Terakreditasi resmi

Kriteria terakhir ini sangat penting untuk Anda dapat memilih seorang caregiver terbaik. Pilih seorang caregiver yang telah terakreditasi resmi. Namanya haruslah resmi ada dalam sebuah home care atau asosiasi caregiver. Hal ini untuk menjamin bahwa tenaga caregiver yang Anda pilih mampu bersikap profesional dan cekatan dalam bekerja.

Hanya saja tidak mudah mencari seorang caregiver yang terakreditasi resmi oleh pemerintah. Untuk mendapatkannya, sebaiknya pilih home care atau agensi yang memiliki kredibilitas terbaik sehingga Anda merasa tenang memanggilnya ke rumah. Bukan hanya profesional saja, namun akreditas resmi ini untuk menjamin kemampuan caregiver dalam menangani pasien lansia dengan kebutuhan alat-alat medis khusus.

No comments:

Post a Comment