Saturday, February 16, 2019

Kenali Perbedaan Caregiver Dengan Perawat Biasa


Ada banyak macam perawat yang mungkin masih banyak belum Anda kenali, mulai dari perawat orang sakit hingga perawat orang tua yang sudah lanjut usia atau biasa kita kenal dengan lansia. Mungkin untuk perawat kedua ini masih banyak yang belum orang ketahui akan keberadaan mereka, yang padahal banyak dibutuhkan oleh Anda. Bukan bermaksud untuk menelantarkan orang tua Anda karena tidak ingin merawat mereka, akan tetapi karena memang ada urusan dan pekerjaan yang harus dilakukan oleh mereka di kantor. Ada banyak sekali alasan kenapa banyak orang membutuhkan caregiver ini. Untuk Anda yang mungkin masih belum tahu persis apa itu caregiver, mereka adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan juga sudah profesional dalam hal merawat orang tua atau juga orang sakit. 

Ada banyak macam perawatan yang diberikan oleh mereka untuk para lansia baik yang masih sehat atau sedang sakit. Beberapa diantaranya adalah melayani kebutuhan fisik mereka mulai dari aktivitas sehari-hari setelah bangun tidur sampai dengan kebutuhan personal seperti mobilisasi. Selain itu, jika para caregiver ini merawat orang sakit mereka juga harus memenuhi kebutuhan medis lansia tersebut seperti terapi fisik dan kebutuhan sosial. Maka, tak sembarangan dalam memilih seorang caregiver yang bisa bertanggung jawab dan juga menjalankan tanggung jawabnya dengan benar. Jangan sampai, ketika Anda salah memilih caregiver malah orang tua yang lanjut usia tersebut malah mengalami sakit atau traumatik. Bisa disimpulkan, seorang caregiver ini berperan sebagai seorang teman atau bisa dianggap anak oleh lansia tersebut dalam menjalani kehidupan atau aktivitas sehari-hari. 

Ini Dia Perbedaan Caregiver Dengan Perawat Orang Sakit Biasa

Jika biasanya ada orang tua atau kerabat Anda yang baru keluar dari rumah sakit, pasti mereka membutuhkan perawatan lanjutan di rumah sehingga pihak keluarga mengharuskan mereka untuk memberikan waktu kepada lansia atau orang sakit tersebut. Solusi untuk Anda yang tidak memiliki waktu merawat kerabat atau lansia tersebut, pasti Anda harus mencari seorang perawat agar bisa menjaga dan memenuhi kebutuhan dari pasien tersebut. Tidak hanya sekedar perawat atau caregiver, dalam memilih orang yang ahli dalam hal ini Anda tidak boleh sembarangan. Karena jika Anda salah salah dalam memilih, bisa jadi orang tua Anda bukannya sembuh malah semakin menderita karena tekanan psikologis. Jika Anda memanggil perawat orang sakit, mereka biasanya hanya mampu merawat lansia untuk memenuhi kebutuhan obat dan medisnya. Sedangkan, untuk caregiver khusus untuk lansia, mereka sudah memiliki keahlian dan kemampuan selain dalam hal obat-obatan dan perawatan, juga masalah sosial dan juga dalam kegiatan sehari-hari. 

Tips Untuk Mengetahui Apakah Pasien Membutuhkan Caregiver atau Perawat 

Karena Anda tidak tahu pasti keadaan orang tua Anda, ada baiknya Anda mencari tahu apakah mereka membutuhkan seorang caregiver atau perawat. Anda bisa konsultasikan hal ini dengan dokter Anda, baik lansia itu memiliki riwayat sakit secara psikis atau fisik. Karena kedua hal ini sangatlah berbeda, maka dari itu Anda bisa menyerahkan hal ini pada dokter spesialis. Hanya untuk sekedar informasi yang mungkin berguna untuk Anda, jika memang Anda harus memanggil seorang perawat pasti bayaran mereka akan lebih besar daripada Anda harus membayar seorang caregiver. Namun, sebagai catatan bahwasanya mereka itu sama-sama profesional. Jika Anda meminta kedua orang yang profesionalis ini dari sebuah homecare, mereka juga bisa merekomendasikan untuk perawatan lansia yang Anda tuju. Selain itu, mereka biasanya hanya menawarkan jasa perawat atau caregiver ini yang minimal lulusan D3 Keperawatan atau memiliki kemampuan khusus yang sudah diakui. 

No comments:

Post a Comment