Tuesday, February 19, 2019

5 Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Memilih Caregiver Terbaik

Saat posisi Anda sebagai seorang anak dan juga memiliki kewajiban untuk merawat orang tua Anda namun juga harus mencari nafkah agar mereka bisa tetap bertahan, pasti ini menjadi pilihan yang sangat sulit. Namun, sebenarnya sekarang ini sudah ada solusi yang ditawarkan oleh lembaga yang menyediakan jasa mereka yang bisa merawat dan menemani orang tua Anda, yaitu biasa kita kenal caregiver. Meski biasanya kebanyakan orang yang memanggil jasa caregiver ini tidak dari lembaga khusus dan perusahaan yang sudah terpercaya, akan tetapi asalkan caregiver ini cocok dan bisa diterima oleh lansia tersebut tidak jadi masalah. 

Kenapa Harus Memiliki Caregiver? 

Kenapa Anda sebaiknya memilih caregiver untuk merawat orangtua daripada meminta pertolongan orang yang tidak anda kenal? Karena, para caregiver ini bisa lebih Anda percaya dan andalkan karena mereka sudah dibekali harus menghadapi para lansia itu seperti apa. Jangan sampai, Anda sebagai seorang anak yang memiliki tanggung jawab sepenuhnya untuk merawat orang tua secara fisik malah tidak mampu memenuhi hal ini. Banyak anggapan orang yang melihat hal ini sebagai cara yang tidak benar untuk dipilih, karena sang anak terlihat seperti tidak bisa membalas budi orang tuanya. Padahal, secara langsung dia lebih dari membalas budi orang tua namun caranya tidak langsung dilakukan oleh mereka sendiri. Jika mereka tidak bekerja, bagaimana seorang anak bisa membiayai orang tuanya untuk caregiver sekaligus memberikan nafkah lahir. 

Tips Dalam Memilih Caregiver Yang Harus Anda Ketahui

Ada beberapa karakter dan juga ciri-ciri yang harus dimiliki oleh para caregiver untuk menandakan apakah mereka itu berkualitas dan juga profesional atau tidak. Berikut ini karakter yang mungkin bisa Anda nilai saat hendak memilih caregiver:

- Tenaga caregiver resmi. Ada banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan hal ini, meski kadang tenaga caregiver resmi itu tidak lebih baik dari mereka yang tidak resmi. Namun, setidaknya mereka memiliki izin menawarkan jasa untuk merawat lansia. Selain itu, mereka pasti sudah mengikuti program untuk meningkatkan skill dan kemampuan diri. Begitu juga dengan memilih perawat, pastikan mereka setidaknya sudah menempuh minimal pendidikan SMK Keperawatan. 

- Melakukan wawancara sebelumnya. Jika Anda ingin melihat kemampuan dari mereka dalam hal merawat orang lansia, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan dan bisa menilai dari cara mereka menjawabnya. Atau, jika Anda memang sudah memilih mereka untuk menjadi caregiver untuk orang tua Anda, bisa biarkan mereka untuk melewati proses uji coba terlebih dahulu. Dari wawancara juga Anda bisa melihat bagaimana etika dan semangat kerja dari si calon.

- beritikad baik, mampu menghadapi semua complain. Dalam merawat orang tua memang sangat berbeda dengan merawat anak-anak. Meski hampir sama, namun biasanya anak-anak itu tidak mampu membuat perasaan kita tersentuh karena mereka belum mengerti dengan masalah. Berbeda dengan itu, orang tua atau lansia sudah paham masalah ini bisa saja Anda melukai hati mereka hingga berujung pada masalah. 

- Memiliki jiwa kesabaran yang besar. Yang paling penting dari seorang caregiver yang harus selalu dimiliki adalah berjiwa sabar. Karena dalam melakukan proses perawatan pastilah pihak perawat harus mampu memenuhi semua keinginan dari pasien. Jika tidak, maka sama saja mereka tidak mampu menjalankan kewajiban sepenuhnya. 

- Bisa menyesuaikan kebutuhan orang tua Anda. Sebelum mereka mulai bekerja Anda bisa memberitahukan apa saja kebutuhan dan keinginan dari orang tua Anda. Ini merupakan hal penting agar si caregiver bisa memenuhi kebutuhan orang tua Anda. Misal, jika orang tua Anda menderita suatu penyakit kronis seperti stroke, Anda harus memberitahu caregiver agar mereka juga lebih tau apa saja pekerjaan yang harus dilakukan dengan benar. 

Itu dia tips yang bisa anda aplikasikan dalam memilih caregiver terbaik dan profesional pastinya. 

No comments:

Post a Comment