Friday, March 1, 2019

Ketahui 5 Tugas Perawat Lansia, Sebelum Memutuskan Menyewa Jasanya

Menggunakan jasa perawat lansia di Indonesia, belumlah menjadi alternatif pilihan populer bagi banyak orang. Namun Anda yang memiliki pekerjaan dengan kesibukan tinggi, akan kewalahan untuk dapat merawat orang tua dengan maksimal. Memakai jasa perawat lansia dapat membantu Anda bekerja sekaligus merawat orang tua dengan maksimal. Hanya saja, pastikan untuk tahu 5 tugas perawat lansia seperti di bawah ini, sehingga Anda tidak salah memilih:

Merawat kesehatan lansia lebih maksimal

Kesehatan lansia semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan saat Anda merawat orang tua dengan maksimal, penurunan kesehatannya terjadi setiap saat. Sebagai seorang anak, Anda tentu tidak menginginkan jika kesehatan orang tua tiba-tiba menurun saat Anda harus bekerja. Untuk keadaan ini, perawat lansia dapat membantu Anda.

Salah satu tugas perawat lansia adalah untuk memaksimalkan kesehatan orang tua. Kesehatan lansia akan dipantau terus-menerus sehingga lebih stabil dan tidak mengalami penurunan tiba-tiba. Perawat ini akan memastikan Anda dan seluruh anggota keluarga lainnya, mengerti tata cara merawat lansia, terutama tentang tindakan medik pertama jika terjadi keadaan darurat.

Memastikan lansia masih aktif dan beraktivitas

Saat seseorang berusia lansia, maka fungsi tubuh akan mengalami penurunan secara drastis. Dampak dari penurunan fungsi tubuh ini beragam dari munculnya penyakit dari ringan hingga berat, juga terbatasnya aktivitas yang dapat dilakukan. Perawat akan memastikan lansia selalu aktif dan beraktivitas apapun kondisinya.

Aktif yang dimaksud, bukan memaksa lansia untuk beraktivitas seperti saat usianya masih muda. Melainkan perawat akan membantu para lansia untuk dapat beraktivitas dan melakukan kegiatan-kegiatan sederhana yang sesuai kemampuan tubuhnya. Sehingga para lansia tidak merasa rendah diri namun tetap sehat dan mandiri.

Menyiapkan makanan dan obat

Adanya penurunan fungsi tubuh pada lansia, membuat makanan yang diasupnya berbeda. Bahkan penurunan fungsi tubuh ini juga dapat membuat para lansia menjalani pengobatan hingga terapi penyembuhan. Jika bekerja dengan waktu yang sangat tidak fleksibel, akan sangat sulit memantau diet dengan terapi penyembuhan yang dilakukan lansia.

Sementara perawat lansia akan membantu Anda mengatasi semuanya. Perawat akan memastikan bahwa lansia menjalani proses pengobatan, terapi hingga diet menu seimbang seperti yang dianjurkan oleh medis. Setiap hari perawat akan menyediakan obat yang dibutuhkan hingga membantu menyediakan menu makan diet seimbang untuk kesehatan lansia.

Menjaga kebersihan lansia

Kebersihan lansia menjadi kunci kesehatan yang terjaga. Sementara saat Anda bekerja, menjaga kebersihan orang tua akan tidak optimal. Pasalnya untuk tugas yang satu ini, Anda harus melakukan banyak tugas setiap saat. Dari mulai mandi dan membersihkan diri, memotong kuku dan rambut hingga menjaga kebersihan kamar tidurnya.

Dengan banyaknya tugas di kantor, semua hal tersebut tidak akan menjadi kekhawatiran Anda. Perawat lansia akan membantu Anda merawat orang tua tidak terkecuali dalam menjaga kebersihan lansia. Dari mulai keramas dan mandi membersihkan tubuh, membantu lansia untuk beraktivitas di luar rumah, mendampingi lansia untuk datang ke acara tertentu dan masih banyak lagi.

Mengecek kesehatan lansia setiap saat

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa lansia memiliki kecenderungan untuk mengalami kondisi kesehatan yang tiba-tiba menurun setiap saat. Sebagai anak, Anda tentu tidak menginginkan sesuatu hal terjadi pada orang tua, terutama saat Anda bekerja. Dengan adanya tenaga perawat lansia di rumah, semua kekhawatiran tersebut tidak perlu terjadi.

Pasalnya seorang perawat lansia memiliki semua keterampilan yang Anda perlukan untuk merawat orang tua. Perawat akan memastikan kondisi kesehatan orang tua lebih stabil dengan memeriksa kesehatannya secara rutin. Memeriksa beberapa hal seperti gula darah, tekanan darah, merawat luka hingga kadar asam urat dan kolesterol sehingga lansia selalu sehat dan tidak mengalami penurunan kesehatan dengan drastis.

No comments:

Post a Comment