Tuesday, March 5, 2019

Saat Lansia Mengalami 5 Gejala Ini, Tanda Bantuan Perawat Lansia Sangat Dibutuhkan

Merawat orang tua yang lanjut usia, tetap menjadi tugas utama anak. Mengingat selama ini orang tua telah memberikan yang terbaik untuk Anda dan anak-anaknya. Namun ada kalanya setelah mencoba merawat orang tua lanjut usia, Anda kesulitan untuk terus melakukannya. Terutama saat orang tua lanjut usia mengalami beberapa gejala di bawah ini, Anda tidak hanya dapat merawat orang tua sendiri namun juga diperlukan bantuan perawat lansia.

Mulai pikun

Ketika usia bertambah tua, bukan hanya penampilan fisik saja yang akan berubah. Kemampuan otak juga akan semakin melemah. Karena itu biasanya, seseorang yang telah bertambah umur lansia, juga akan mengalami penurunan kemampuan otak. Ditandai dengan mudah lupa hingga pengaruh paling buruknya adalah pikun. Orang tua dengan kondisi pikun akan sangat berbahaya jika tidak ditemani penuh selama 24 jam.

Sayangnya tidak mungkin bagi Anda menemani orang tua lansia selama 24 jam penuh, sementara disaat yang sama harus bekerja dan membagi waktu dengan keluarga. Saat inilah Anda sangat memerlukan bantuan perawat lansia dalam menjaga orang tua. Dengan bantuan perawat, Anda dapat membagi waktu dengan efektif antara merawat orang tua, bekerja dan mengurus keluarga. sehingga keamanan orang tua Anda menjadi lebih terjamin.

Semakin lemahnya kondisi fisik

Semakin usia bertambah tua, maka kondisi fisik juga tidak lagi sama seperti saat masih muda. Ada banyak penurunan fungsi tubuh yang menyebabkan kinerja motorik sangat menurun. Bahkan kembali seperti bayi, yang membutuhkan bantuan orang lain untuk beraktivitas. Saat orang tua Anda yang telah berumur mulai mengalami pelemahan fisik, maka Anda harus siap selama 24 jam untuk menemani dan mendukung aktivitasnya.

Dengan kesibukan bekerja dan merawat keluarga, menemani orang tua hingga 24 jam lamanya akan sangat melelahkan untuk Anda. Bisa jadi semua urusan tidak mudah diselesaikan dengan harus mengawasi orang tua, bekerja dan merawat keluarga sekaligus. Perawat lansia menjadi pilihan tepat untuk membantu masalah Anda. Dengan bantuan perawat yang siap 24 jam, lansia tidak akan kesulitan untuk beraktivitas baik jalan, ke kamar mandi dan banyak lagi.

Tiba-tiba ngompol di sembarang tempat

Gejala pikun atau mudah lupa pada lansia, tidak hanya terjadi saat orang tua tidak mengingat nama hingga alamat rumah. Pikun atau mudah lupa ini juga dapat terjadi pada beberapa kebiasaannya. Salah satunya adalah saat tiba-tiba ngompol atau buang air kecil di sembarang tempat. Beberapa lansia yang mengalami hal ini, merasa bahwa dirinya tidak harus pergi ke kamar mandi saat buang air kecil. Tentunya hal ini akan membuat kondisi rumah tidak nyaman.

Namun Anda tidak perlu merasa sedih saat mendapati orang tua yang tiba-tiba ngompol di tempat yang tidak biasanya. Gejala ini merupakan hal yang wajar karena fungsi otaknya telah mengalami penurunan. Dengan bantuan perawat lansia, apapun keadaan orang tua Anda tidak menjadi masalah besar. Pasalnya perawat ini telah menjalani masa pendidikan khusus untuk memberikan perawatan terbaik kepada lansia dengan segala kebiasaan-kebiasaan uniknya.

Sulit bangun dari tidur atau duduk

Gajala penurunan fisik lainnya yang mengancam lansia adalah lumpuh. Biasanya lumpuh ini saat lansia mulai menurun nafsu makannya, sehingga berdampak pada fisiknya yang lemah. Ditunjang dengan usia yang bertambah tua, lemahnya fisik berdampak pada kinerja otot dan organ tubuh lainnya yang semakin sulit untuk melakukan koordinasi. Pada akhirnya, orang tua lansia seringkali mengalami susah bangun dari duduk atau saat tiduran.

Jika Anda selalu siap 24 jam di rumah, maka tidak ada masalah dengan membantu orang tua saat mengalami kesulitan duduk atau bangun dari tidur. Bagaimana jika Anda bekerja? Di sinilah fungsi perawat lansia akan banyak membantu Anda. Saat Anda bekerja, perawat akan menggantikan Anda menjaga orang tua. Membantu lansia apapun kegiatannya terutama saat mengalami sulit bangun dari tidur atau duduk. Sehingga Anda tetap dapat menjaga keamanan dan kenyamanan orang tua.

Harus menjalani terapi obat atau fisioterapi

Diusia yang semakin tua, pengobatan menjadi lebih sulit dilakukan. Penyembuhan juga menjadi sulit karena tubuh telah kehilangan fungsi menyembuhkan diri sendiri seperti saat masih muda dulu. Karena itu jika orang tua atau lansia harus menjalani terapi obat atau fisioterapi, akan ada waktu sangat panjang yang dibutuhkan untuk mencapai target penyembuhan. Anda harus memiliki waktu 24 jam kapan saja untuk siap membantu orang tua menjalani hal tersebut.

Saat inilah Anda akan sangat kesulitan jika tidak dibantu oleh tenaga profesional seperti perawat lansia. Terutama untuk Anda yang bekerja, akan sangat sulit menyediakan waktu bagi orang tua menemani terapi. Sementara dengan bantuan perawat, Anda tidak akan kesulitan atau was-was saat meninggalkan orangtua ketika bekerja. Keamanan orang tua juga lebih terjamin bahkan tidak harus selalu tinggal di rumah karena perawat lansia akan membantu orang tua terapi obat dan terapi lainnya.

No comments:

Post a Comment