Monday, August 19, 2019

8 Hak Pasien Yang Harus Dipenuhi Caregiver



Setiap konsumen harus tahu apa yang didapatkannya dari menggunakan produk tertentu. Demikian pula saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa caregiver, Anda harus tahu dengan baik apa yang akan Anda dapatkan dari jasa ini. Mengenai hak ini, sudah seharusnya setiap home care memberikan informasi yang sangat detail kepada konsumen. Setidaknya ada 8 hak pasien sebagai berikut yang bisa Anda dapatkan sekaligus harus dipenuhi oleh caregiver.

Membina hubungan baik dengan caregiver

Petugas caregiver atau perawat lansia biasanya akan bekerja di rumah pasien. Apapun sistem yang digunakan, baik bekerja 24 jam atau justru hanya 12 jam, interaksi antara perawat dengan pasien dan juga keluarga tentu tidak dapat dihindari. Untuk itulah, hak setiap keluarga dan juga pasien adalah untuk menjalin interkasi dan komunikasi yang baik dengan perawat. Bukan hanya untuk membuat nyaman pasien namun juga untuk memastikan perawat memberikan timbal balik yang sama, sehingga lebih nyaman dalam merawat pasien.

Mendapatkan informasi mengenai tindakan perawatan

Petugas caregiver memang dipekerjakan oleh home care tertentu. Tentunya tindakan perawatan yang dilakukan sesuai dengan perintah kerja dari home care itu sendiri. Namun dari perintah perawatan ini, sudah seharusnya jika perawat juga memberikan informasi tindakan perawatan ini kepada pasien dan juga keluarga. Sehingga selama perawatan pasien dapat merasa lebih nyaman dan tentunya tidak merasa terganggu.

Meluapkan emosi dan ekspresi selama tindakan perawatan dilakukan

Selama tindakan perawatan dilakukan oleh perawat lansia, pada dasarnya sudah dikonsultasikan langsung dengan home care. Pihak home care juga sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan keluarga tentang tindakan perawatan yang dibutuhkan. Namun jika selama tindakan perawatan terdapat prosedur yang keliru atau tidak benar menurut keluarga atau pasien, maka emosi hingga ekspresi keberatan dan tidak nyaman dapat diajukan.

Keluarga berhak memutuskan perawatan terbaik untuk pasien

Tujuan memanfaatkan jasa caregiver atau perawat lansia adalah untuk mendampingi sekaligus memberi perawatan yang terbaik kepada orang tua lanjut usia. Jenis-jenis perawatan yang diperlukan setiap lansia tentu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Mengenai tindakan perawatan terbaik, keluarga berhak memutuskan untuk memilihnya. Home care dan juga caregiver hanya dapat memberikan rekomendasi sementara pihak keluarga dan pasien yang akan menentukan.

Keluarga berhak tahu jenis perawatan yang akan diberikan

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa jenis-jenis perawatan lansia berbeda-beda. Sebelum memilih jenis perawatan yang dilakukan, tentu setiap pasien dan keluarga mencari informasi mengenai perawatan terbaik. Dari banyak jenis perawatan tersebut, keluarga berhak untuk memilih salah satu jenis perawatan yang terbaik yang dibutuhkan. Setelah memutuskan satu jenis perawatan yang terbaik, pihak home care harus mampu mengakomodirnya. Selanjutnya ditindak lanjuti oleh petugas caregiver prfoesional.

Keluarga berhak menolak rencana perawatan dan juga perubahannya bila ada

Ada kalanya perkembangan kesehatan lansia berubah-ubah seiring dengan bertambahnya waktu. Beberapa lansia bersemangat untuk kembali beraktivitas sementara yang lainnya merasa lemah tidak berdaya. Atas setiap perubahan kondisi tubuh ini, seorang caregiver dapat memberi rekomendasi perawatan yang terbaik. Namun tetap keluarga yang dapat memilih jenis perawatan yang terbaik yang diperlukan. Jika caregiver merasa harus Anda perubahan jenis perawatan, maka keluarga dapat memutuskan untuk menerima atau justru menolak rekomendasi tersebut.

Privasi rekam kesehatan

Sebelum memutukan untuk datang ke home care dan menggunakan jasa caregiver, tentu ada catatan kesehatan pasien yang harus dibahas oleh home care. Pembicaraan mengenai catatan kesehatan ini dimaksudkan untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasien. Atas informasi kesehatan ini, home care dilarang keras untuk menyebarkannya. Seorang pasien dan keluarga berhak menutup rapat mengenai rekam medis atau rekam kesehatan dari caregiver.

Informasi biaya termasuk perawatan terbaik yang diberikan

Jenis perawatan pasien yang dipilih oleh konsumen dalam hal ini keluarga dan pasien, tidak hanya berdampak pada pemulihan lansia. Melainkan juga berpengaruh pada harga yang cukup mahal dan harus dibayarkan oleh pasien juga keluarga. Untuk itu setiap keluarga tidak hanya harus mendapat informasi mengenai jenis perawatan saja. Melainkan juga biaya yang dihabiskan dari perawatan tersebut sehingga selalu mendapatkan jenis perawatan yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment