Wednesday, August 28, 2019

Caregiver dan Manfaatnya Untuk Keluarga

Blend it



Pada dasarnya keberadaan caregiver telah dikenal sejak dulu, hanya saja dengan nama yang berbeda. Kini setelah perubahan zaman dan perkembangan teknologi, istilah cargiver semakin populer dan dikenal banyak orang. Meski di Indonesia sendiri kebutuhan caregiver ini masih tidak cukup banyak, namun pelan-pelan manfaatnya dapat dirasakan oleh keluarga. Terutama saat salah satu anggota keluarga Anda berusia lanjut.

Apa itu caregiver?

Istilah caregiver berasal dari dua kata bahasa Inggris. Care yang berarti perhatian, dan giver yang berarti pemberi. Jika diartikan secara bahasa, caregiver berarti seseorang yang memberi perhatian. Belakangan caregiver dikenal sebagai seorang perawat lansia yang bekerja memberikan perhatian dan juga merawat seseorang lanjut usia. Namun pada dasarnya kata caregiver tidak hanya merujuk pada seorang perawat lansia saja, melainkan cakupannya lebih luas.

Sesuai dengan asal katanya, caregiver berarti pemberi perhatian. Itu berarti tidak hanya khusus pada orang lanjut usia saja. Namun perhatian dan perawatan juga diperlukan untuk orang sakit, orang yang dalam masa penyembuhan hingga seseorang yang baru saja mengalami proses pembedahan besar dan lain sebagainya. Sebagai pemberi perhatian, caregiver sangat berbeda tugasnya dengan seorang nurse atau perawat medis yang ada di rumah sakit dan klinik.

Cakupan tugas caregiver

Sekilas tidak ada perbedaan mendasar antara caregiver dan nurse. Namun justru keduanya memiliki tugas yang berbeda, terutama dari tempat keduanya melakukan tugas. Jika nurse berada di klinik atau rumah sakit, tidak demikian dengan caregiver. Meski tidak menutup kemungkinan seorang caregiver juga dipekerjakan di rumah sakit oleh pihak keluarga pasien dalam membantu merawat hingga memberi perhatian pasien setelah dilakukan tindakan medis.

Tugas nurse mencakup melakukan analisis hingga wewenang untuk melakukan tindakan medis. Sementara seorang caregiver sama sekali tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan medis. Tidak juga dibolehkan untuk melakukan analisis medis. Tugas seorang caregiver adalah merawat pasien, mengganti seprai, membasuh badan pasien, membantu duduk, membantu bangun tidur, membantu ke kamar mandi dan lain sebagainya yang tidak dilakukan nurse.

Apakah caregiver hanya untuk lansia?

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa tugas caregiver adalah untuk merawat dan juga memberi pasien perhatian. Sementara pasien yang membutuhkan perhatian, tidak hanya para lansia saja. Melainkan juga mereka yang berusia muda, remaja bahkan anak-anak dapat menjalani proses medis yang membutuhkan perawatan lebih nyaman dengan caregiver. Untuk itu siapa saja dapat menerima perawatan dari caregiver.

Hanya saja, belakangan peran caregiver lebih banyak pada mereka yang telah berusia lanjut atau lansia. Banyak home care yang memiliki tenaga caregiver untuk pasien lansia dengan kondisi tubuh yang tidak berdaya dan membutuhkan bantuan orang lain untuk beraktivitas. Selain kondisi tubuhnya yang menurun, biasanya keluarga lansia juga memiliki kesibukan yang menyita waktu. Sehingga keberadaan caregiver sangat membantu dalam memperhatikan kedua orang tua yang lansia sementara mereka menyelesaikan pekerjaan.

Di mana mencari caregiver?

Kebutuhan akan caregiver sekarang ini semakin meningkat. Hal ini karena semakin sadarnya keluarga pasien untuk memberi perawatan yang terbaik, sementara mereka dapat berkonsentrasi kerja tanpa rasa khawatir. Bahkan di kota-kota besar dengan gaya hidup masyarakat urban yang modern, kebutuhan caregiver tidak dapat dihindari. Lantas bagaimana Anda bisa mendapatkan caregiver yang terpercaya sekaligus profesional dalam bekerja?

Selain memanfaatkan agensi caregiver, Anda juga bisa menghubungi home care. Banyak pusat-pusat home care yang menawarkan tenaga caregiver terbaik dan profesional yang akan membantu Anda merawat anggota keluarga. Baik agensi hingga home care yang Anda pilih, harus memiliki catatan atau riwayat yang baik sehingga hasil rekomendasi caregiver tidak mengecewakan. Selain cekatan merawat pasien, caregiver juga dapat menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga.

Apa peran caregiver untuk keluarga?

Anggapan bahwa mendatangkan caregiver berarti bersikap durhaka kepada orang tua, atau justru bersikap keterlalu kepada anak, kini sudah tidak berlaku. Justru dengan kehidupan yang semakin modern, peran petugas caregiver sangat penting dalam membantu keluarga. Di saat Anda sedang menyelesaikan tugas-tugas kantor, petugas caregiver akan membantu Anda merawat kedua orang tua lanjut usia di rumah.

Petugas caregiver juga akan merawat buah hati yang sedang menjalani masa penyembuhan setelah sakit, tanpa Anda harus khawatir karena meninggalkannya bekerja. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir akan terjadi sesuatu dengan kondisi kesehatan kedua orang tua atau buah hati, karena seorang caregiver akan memberikan perawatan dan perhatian terbaik. Sehingga di saat yang sama Anda dapat bekerja dan kondisi keluarga dalam pantauan.

No comments:

Post a Comment