Monday, December 7, 2015

Manfaat Menggunakan Perawat Di Rumah

Home care adalah sebuah layanan untuk Anda yang tidak memiliki kemampuan untuk merawat orang tua atau anggota keluarga yang sedang sakit dan membutuhkan bantuan. Biasanya di kota-kota besar Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam  yayasan yang menyediakan layanan perawat di rumah. Perawat yang disalurkan melalui yayasan ini juga bukan perawat sembarangan, mereka merupakan perawat yang memang sudah mendapatkan pendidikan keperawatan dan memiliki kemampuan baik secara fisik maupun psikologis untuk merawat pasien. Pasien yang membutuhkan perawat di rumah kebanyakan adalah orang tua yang sakit yang tidak bisa melakukan apapun sendiri sehingga butuh selalu dijaga. Tentunya hal ini akan membuat anak atau kerabat dari pasien merasa kesulitan membagi waktu untuk merawat pasien dan juga untuk melaksanakan kegiatan sehari-harinya, nah pada saat inilah maka Anda membutuhkan bantuan perawat di rumah.
Manfaat perawat di rumah, salah satunya juga berguna bagi kerabat dari si pasien. Mereka menjadi lebih tenang dalam melakukan pekerjaan mereka di luar rumah, sebab pasien di rumah mendapatkan perawatan yang baik layaknya saat berada di rumah sakit. Bayangkan jika Anda yang merawat pasien, karena Anda tidak memiliki latar belakang di bidang ilmu kesehatan maka dari itu pasien atau kerabat Anda yang sakit itu tidak akan mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya.

Manfaat Bagi Pasien
Pertama, dengan disediakannya perawat di rumah maka kesehatan pasien menjadi lebih terjamin. Karena pasien kini ditangani oleh orang yang mengerti tentang kesehatannya secara khusus. Saat terjadi sesuatu yang tidak beres, maka perawat bisa menangani dengan baik, begitu juga jika terjadi tanda-tanda suatu penyakit tertentu maka perawatlah yang akan paling mengenalinya. Maka dari itulah kesehatan sang pasien bisa lebih terjamin. Kedua, manfaat adanya perawatan oleh perawat di rumah bagi pasien adalah perasaan pasien bisa lebih tenang karena tidak menyusahkan kerabatnya, ada kalanya pasien yang dirawat oleh kerabatnya sendiri merasa beban karena membuat kerabatnya tidak bisa beraktivitas dengan bebas. Dengan adanya perawat di rumah maka kerabatnya bisa tetap bekerja mencai nafkah, sehingga pasien merasa tenang. Perasaan pasien yang tenang juga bisa menjadi pemicu kesembuhan penyakit pasien. Ketiga, dengan adanya perawat di rumah pasien juga mendapatkan teman untuk berbicara dan berkeluh kesah, perawat di rumah tidak hanya menjaga pasien secara fisik tapi juga secara psikologisnya, perawat bisa memberikan semangat dan membantu pasien melawan penyakitnya dengan lebih semangat.

Manfaat Bagi Perawat
Tidak hanya pasien dan keluarganya saja yang mendapatkan manfaat akibat adanya perawat di rumah. Perawatnya sendiri juga mendapatkan manfaat dari kegiatan home care yang ia kerjakan. Tentunya manfaat finansial sudah tidak perlu disebutkan lagi karena itu memang sepantasnya. Manfaat yang lain adalah perawat bisa mempraktekkan teori yang sudah ia pelajari sebelumnya dan membuatnya menjadi lebih piawai dalam merawat pasien. Merawat pasien di rumah akan menjadi sebuah tantangan, karena perawat tersebut harus merawat pasien secara langsung dan penuh dalam tanggung jawabnya tanpa bantuan orang lain. Setelah mendapatkan pengalaman ini, maka perawat bisa menjadi lebih percaya diri dalam merawat orang yang sedang sakit. Kemudian, program perawatan di rumah ini juga bisa lebih memotivasi perawat untuk bekerja dengan lebih baik, sebab biasanya saat merawat pasien di rumah, maka perawat bisa menjadi lebih dekat dengan pasien, itu juga memberikannya suatu kepuasan tersendiri secara batin karena membantu orang yang membutuhkannya. Hal itu juga bisa membuatnya termotivasi untuk menjadi perawat yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment