Saturday, January 2, 2016

Mengapa Butuh Layanan Homecare Profesional?

perawat di rumah merupakan jasa terbaik yang wajib dipertimbangkan bagi setiap pasien dan keluarganya. Anda mungkin menyimpan sebuah pertanyaan mendasar; mengapa butuh layanan semacam itu? Kita bisa mengkategorikannya dalam tiga kondisi khusus pasien, yaitu pasien yang butuh perawatan jalan, pasien yang butuh pengawasan dan perawatan selama dua puluh empat jam, dan pasien lanjut usia.

Pasien Rawat Jalan
Tipe pasien ini akan membutuhkan perawatan rutin seperti yang biasa dijalankan di rumah sakit. Namun demi kenyamanan pasien (biasanya permintaan/saran dari pihak keluarga atau rumah sakit), lokasi perawatannya dipindah di rumah sendiri. Pastinya ada beberapa persiapan yang terkait dengan metode perawatan jalan pasien tersebut.
Contohnya adalah penyediaan beberapa perlengkapan atau fasilitas medis seperti ventilator, monitor rekam, nebulizer, suction, respirator, EKG, infus, NGT, kateter, penyuntikan, pemberian obat rutin, dan sebagainya. Semua perlengkapan dan kebutuhan tersebut cuma bisa dioperasikan oleh perawat profesional.
Pertimbangan untuk menerapkan perawatan jalan juga memprioritaskan pada faktor psikologis pasien. Seorang pasien belum tentu merasa nyaman dengan praktik perawatan di rumah sakit. Dalam beberapa kasus penyakit berat, seorang pasien akan merasa frustrasi karena terlalu lama berbaring di sebuah ruangan yang bukan kamar tidurnya sendiri. Situasi tersebut bisa memperparah kondisi kesehatannya sehingga yang sangat dibutuhkan adalah dukungan moral dari para anggota keluarga di rumahnya sendiri.

Pengawasan dan Perawatan 24 Jam
Model pengawasan dan perawatan pasien selama dua puluh empat jam diterapkan bagi mereka yang mengalami kasus penyakit berat. Sementara itu, tidak mungkin untuk meninggalkan pasien meski hanya sebentar di biliknya di rumah sakit. Oleh karena itu, metode pengawasan semacam ini akan lebih efektif untuk memantau setiap perkembangan terkini dari pasien.
Lokasi di rumah sendiri juga dianggap lebih kondusif karena metode perawatan di rumah sakit selalu terpisah-pisah dalam bilik dengan tingkat pengawasan yang kurang maksimal. Para anggota keluarga pun bisa berpartisipasi dalam metode pengawasan dan perawatan selama dua puluh empat jam yang diharapkan mampu menumbuhkan semangat bagi pasien untuk sembuh.
Jasa perawat di rumah akan selalu menyediakan bantuan selama dua puluh empat jam. Kapan pun dia dibutuhkan, pasien atau anggota keluarga tinggal memanggilnya. Segala aktivitas perawatan di dalam rumah pun bisa menumbuhkan hubungan emosional yang lebih bagus antara perawat, keluarga, dan pasien. Hal-hal semacam itulah yang kerap mendukung proses penyembuhan yang optimal.

Pasien Lanjut Usia
Kasus yang juga sering terjadi adalah pasien berusia lanjut. Akibat faktor usia dan fisik yang sudah tidak memungkinkan, mustahil untuk membawanya pulang pergi ke rumah sakit. Selain itu, berkali-kali mendatangi rumah sakit bisa menciptakan beban psikologis bagi pihak pasien. Dengan mengandalkan jasa perawat di rumah, metode perawatan bagi pasien lanjut usia bisa berjalan lebih ekektif dan efisien. Pihak keluarga pun tak perlu cemas dengan setiap prosedur yang akan dijalankan karena semuanya akan dilakukan di dalam rumah mereka sendiri.
Perawatan di dalam rumah juga akan memicu pikiran positif bagi pasien sehingga ia pun bisa memulihkan kesehatan secara alami. Yang terpenting adalah pikiran positif untuk fisik yang lebih sehat. Tetapi proses tersebut juga butuh dukungan peralatan dan praktik medis dari pihak profesional. Itulah kenapa layanan perawatan di dalam rumah sering diprioritaskan bagi pasien lanjut usia. Selain itu, banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dari mengandalkan jasa perawat di rumah.

No comments:

Post a Comment