Monday, December 26, 2016

Teknik Pelatihan Perawatan Luka Dengan Baik

Apakah Anda menggeluti bidang perawatan luka dan ingin mengetahui teknik pelatihan perawatan luka dengan baik dan benar? Perawatan luka banyak dilakukan guna menyembuhkan luka jika terjadi pada bagian tubuh tertentu. Apalagi teknik perawatan luka ini banyak dilakukan dalam bidang kesehatan. Dilakukannya pelatihan modern dressing atau pelatihan perawatan luka dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya status immunologi atau kekebalan pada tubuh, kadar gula darah dalam tubuh, nutrisi yang ada dalam tubuh,  rasa nyeri, dan lain sebagainya. Sebelum Anda melakukan perawatan luka, ada beberapa teknik yang bisa Anda ketahui dan nantinya bisa Anda lakukan sendiri jika terjadi luka pada tubuh Anda maupun orang disekitar Anda.
Berikut ini ada beberapa teknik pelatihan perawatan luka dengan baik dan benar yang bisa Anda coba lakukan :
1.     Mencuci luka sampai bersih
Salah satu teknik pelatihan perawatan luka dengan baik dan benar yang bisa Anda lakukan adalah mencuci luka sampai bersih. Biasanya luka yang terjadi akibat jatuh ataupun tergores oleh benda tajam yang dapat merobek bagian kulit pada tubuh. Hal tersebut mengakibatkan luka pada bagian tubuh bisa terkena infeksi ataupun debu halus yang bisa masuk pada bagian luka. Hal ini dapat berbahaya bagi luka yang terbuka jika terdapat kotoran tersebut. Sehingga sebelum disembuhkan, luka bisa dibersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran tersebut dan sekaligus mencegah terjadinya infeksi bagian luka pada kulit. Setelah dicuci sampai bersih, biasanya diberikan alkohol untuk mendinginkan luka dan sekaligus membersihkan luka sampai bersih. Jadi jangan lupa mencuci bersih luka sebelum dilakukan pengobatan pada tahap selanjutnya.

2.     Perawatan luka dengan moisture balance
Teknik selanjutnya dalam pelatihan perawatan luka dengan baik dan benar yang bisa Anda lakukan adalah perawatan luka dengan moisture balance. Perawatan moisture balance masuk ke dalam kategori perawatan modern dressing. Dimana perawatan ini dengan membalut luka yang mudah diganti kapan saja. Namun ada pertimbangan bila membalut luka tersebut, apakah luka yang dialami ringan ataupun luka berat. Kebanyakan perawatan moisture balance ini dilakukan pada luka yang cukup parah dan juga serius. Hal ini dilakukan untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan mudah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kebanyakan orang menganggap bahwa luka yang telah kering sudah berarti sembuh, padahal keadaan tersebut belum tentu benar. Bisa saja keadaan luka kering yang ada dalam lingkungan yang lembab mempengaruhi luka tersebut. Sehingga Anda bisa mengganti balutan luka dengan rutin agar luka mudah disembuhkan. Balutan luka ini juga fungsinya sekaligus sebagai pembersih luka dari infeksi, mencegah terkena benda asing ke bagian luka, mempercepat proses pemulihan luka pada bagian kulit, dan sebagainya. Anda bisa mengganti balutan luka jika sudah terlihat kotor ataupun dalam beberapa hari agar luka mudah pulih seperti sebelumnya.

3.     Pemilihan kasa yang baik dalam membalut luka
Biasanya membalut luka menggunakan kasa yang halus untuk menutup luka pada bagian kulit. Selain kasa juga dapat mempertimbangkan metcovazin dalam membalut luka. Warna dasar ini terdiri dari beberapa pilihan warna seperti merah, kuning, dan juga hitam. Metcovazin ini berguna untuk menghilangkan rasa trauma yang dialami ketika membuka balutan luka, mengurangi suasana lembab dalam luka, dan sekaligus mampu mengurangi bau akibat luka yang ditutup oleh balutan kasa tersebut. Sehingga luka akan mudah kering dan juga sembuh.


No comments:

Post a Comment