Wednesday, December 28, 2016

Pelatihan Modern Dressing dengan Prinsip Moisture Balance

Pelatihan modern dressing saat ini sedang digemari oleh banyak pihak baik pihak medis maupun pihak pengobatan alternative. Bicara luka adalah bicara mengenai hal umum yang terjadi pada manusia baik pada anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia dalam kehidupan sehari-hari. Penyebab luka sangatlah beragam, mulai dari luka karena terjatuh, karena goresan benda tajam, karena dampak penyakit tertentu, karena kebakaran, akibat operasi, dan lain sebagainya. Karena begitu umumnya luka yang didapati pada kehidupan manusia sehari-hari, perawatan lukapun menjadi hal umum yang dilakukan baik oleh pihak pengobatan alternatif, pihak medis, dan juga oleh masyarakat itu sendiri. Perawatan luka bukanlah hal remeh. Merawat luka perlu keseriusan dan juga skill tertentu sehingga tidak akan memperburuk kondisi luka yang dialami. Perawatan atau penanganan yang salah akan berefek negatif pada luka tersebut seperti adanya kontaminasi mikroba, infeksi yang akan memperluas area luka, dan juga bisa berdampak buruk seperti amputasi pada penderita diabetes melitus. Jika perawatan yang dilakukan tidak tepat, maka dampak ketidaknyamanan akan dirasakan berkepanjangan oleh pasien.
Sudah tepatkah perawatan luka konvesional yang selama ini kita ketahui?
Ada sedikit kekurangan yang menjadi perhatian dari pemerhati kesehatan di seluruh dunia khususnya mengenai perawatan luka secara konvensional. Hal tersebut ialah penggunaan balutan kasa konvensional yang dikombinasikan dengan cairan natrium klorida untuk memberikan efek lembab pada luka tersebut. Dalam kasus ini, pihak medis akan sering melakukan penggantian kasa utamanya saat kasa sudah mulai mengering. Nah, saat itulah luka harus kembali dikompres dan diganti kasa yang baru. Proses penggantian kasa ini tidak jarang menyebabkan rasa sakit atau perih saat pencabutan dan juga menyebabkan trauma baru pada luka yang sedang dalam proses penyembuhan. Sehingga, proses healing-nya pun akan menjadi lebih lama dan pasien pun akan enggan saat mengalami penggantian kasa karena rasa sakit yang ditimbulkan.
Perawatan luka modern dressing
Sebagai jawaban atas permasalahan tersebut, maka pihak medis mencoba mencari terobosan baru utamanya pada dressing atau kasa yang dipakai membalut luka agar tetap terjaga kelembabannya. Hal ini untuk mengantisipasi rasa perih atau sakit saat proses penggantian kasa berlangsung dan juga untuk menjaga luka agar tidak mengalami trauma atau proses penyembuhan yang lebih lama. Perawatan luka modern ini menerapkan prinsip moisture balance atau keseimbangan kelembaan yang dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka jika dibandingkan dengan cara pengobatan konvensional.
Tujuan perawatan luka modern dressing
Dengan proses perawatan modern dresisng, diharapkan proses healing luka akan jauh lebih cepat sehingga pasien pun akan segera pulih dan bisa segera beraktivitas kembali. Selain itu, pemulihan pasien diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari yang lebih produktif. Modern dressing tentunya akan lebih menghemat waktu penyembuhan dan juga mengurangi biaya perawatan.
Di Indonesia, hingga tahun 2012 tidak lebih dari 25 rumah sakit yang menggunakan perawatan luka modern dressing. Untuk itu, pihak medis selaku penemu terobosan ini sedang sangat gencar mempromosikan metode penyembuhan luka efektif yang satu ini. Metode perawatan luka ini akan membuat lingkungan luka jauh lebih lembab sehingga risiko infeksi luka pun akan sedikit ditekan dan proses pembentukan jaringan baru akan lebih cepat. Salah satu dressing berkualitas super berasal dari jaring polyester non oklusif. Jaringan ini tersusun dari hyhdrocolloid dan lipophylic  yang bermanfaat besar pada proses penyembuhan luka.

No comments:

Post a Comment