Monday, December 26, 2016

Pelatihan Modern Dressing sebagai Perawatan Terkini

Pelayanan kesehatan yang baik haruslah memiliki tingkat kemampuan yang cukup dalam melakukan penanganan terhadap banyak kasus sesuai kondisi yang sedang dialami oleh para pasien. Oleh karenya sudah jadi hal yang lumrah bila para tenaga medis ini harus mampu memberikan kontribusinya secara maksimal serta selalu meng-upgrade kemampuannya entah lewat mengikuti acar pelatihan, praktik, seminar dan masih banyak lagi. Dengan selalu menambah wawasan serta pengalaman ini diharapkan para tenaga medis akan semakin handal dan semakin terbiasa pula untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pasiennya.

Berbicara mengenai kegiatan pelatihan dalam dunia medis, saat ini semakin banyak jenis pengobatan yang dilakukan, salah satunya yang cukup penting untuk diikuti para tenaga medis agar ilmunya semakin berkembang adalah dengan mengikuti pelatihan modern dressing. Pelatihan yang satu ini merupakan salah satu kegiatan pelatihan pada perawatan luka yang sudah modern. Dalam pelatihan ini biasanya para pengajar dan instrukturnya adalah para ahli dibidangnya. Selain itu, para peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat tertentu seusai berhasil menyelesaikan keseluruhan kegiatan dalam pelatihan tersebut, dengan sertifikat ini akan menjadi bukti bahwa para tenaga medis ini sudah cukup mahir dalam mengemban tugasnya sekaligus sudah siap untuk menjalankan kewajibannya dalam menjaga kesehatan masyarakat. Setelah pelatihan, diharapkan para pesertanya akan mampu melakukan kegiatan penanganan pada pasien dengan jenis penyakit luka, sesuai dengan standar – standar kesehatan yang telah disepakati.

Dalam pelatihan modern dressing para peserta akan mendapatkan materi pokok yang cukup penting untuk diterapkan di situasi nyata, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengkajian Luka
Hal ini merupakan salah satu rangkaian perawatan yang paling pertama dan paling penting sebelum melakakan kegiatan pengobatan. Dengan mengkaji jenis luka secara benar dan mendalam maka akan dapat diketahui penyembuhan yang cocok untuk diterapkan kepada masing – masing pasien, oleh karena itu pengobatan yang dilakukan tersebut tidak bisa dilakukan begitu saja secara asal. Perawat yang baik akan secara teliti dan tekun mencari penyebab luka agar didapatkan diagnosis yang tepat sehingga pengobatan yang akan diberikan pun akan optimal.

Pemilihan Jenis Balutan Sesuai Luka
Pada luka luar maupun dalam, akan membutuhkan balutan pada luka yang diderita, jenis balutan pun akan disesuaikan dengan luka yang dialami pasien. Jenis balutan ini akan mempengaruhi pada tingkat kesembuhan pasien, sehingga perawat yang baik haruslah benar – benar paham dengan kebutuhan dan kondisi pasien dalam memberikan balutan serta pengobatan jenis tertentu. Ada kalanya pasien hanya diberikan jenis balutan luka sederhana dengan kain kasa beserta kapas, adakalanya pula para pasien harus diberikan sterilisasi terlebih dahulu pada bagian luka beserta jenis penopang tertentu agar lukanya tidak semakin parah, Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi sang pasien.

Perawatan Luka
Setelah pengobatan dan pemberian jenis balutan yang sesuai, maka pasien pun harus tetap dirawat hungga kondisinya benar – benar sembuh. Oleh karena itu selama proses pengobatan ini perlu pula diberikan perawatan yang menunjang kesembuhan si pasien.

Konsep Hypnosis dalam Pengobatan
Kecanggihan dunia medis, yang salah satunya diterapkan dalam pelatihan modern dressing ini adalah lewat media hipnotisnya. Hipnotis dalam bidang kesehatan, secara positif dapat dijadikan cara agar para pasien ini dapat lebih rileks dan tenang selama proses pengobatan dan perawatan berlangsung. Kondisi pasien yang merasa nyaman akan memberikan dorongan positif berupa tingkat kesembuhan yang lebih besar dan lebih cepat.

No comments:

Post a Comment