Monday, December 26, 2016

Pelatihan Perawatan Luka untuk Pelayanan Pasien yang Lebih Baik

Dunia medis saat ini semakin berkembang dengan pesat, hal ini dapat kita lihat bersama dengan semakin banyaknya ruang perawatan medis yang tersedia entah itu berupa puskesmas, rumah sakit, hingga pusat pelayanan kesehatan yang lainnya. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang dapat membuat kita bangga sekaligus senang karena pada akhirnya jaminan pelayanan kesehatan akan semakin diperhatikan dengan baik. Dalam pelayanan kesehatan sendiri kita akan menemui berbagai pelayanan kesehatan, mulai dari penanganan pada luka, penanganan untuk penyakit dalam, penanganan untuk penyakit spesialis, dan masih banyak lagi tergantung kondisi dari masing – masing pasien. Salah satu cara untuk semakin mendukung kegiatan pelayanan kesehatan adalah dengan pelatihan, termasuk pelatihan perawatan luka.

Salah satu pelayanan kesehatan yang umum dan banyak mendapat perhatian publik karena pentingnya pelayanan kesehatan satu ini adalah pada perawatan luka. Luka dapat diakibatkan oleh beragam faktor penyebab. Untuk itu bagi para tenaga medis seperti perawat akan sangat dibutuhkan kecakapan serta keahlian mereka dalam melakukan tindakan perawatan luka, sehingga perlu sekiranya untuk melakukan pelatihan perawatan luka pada pasien. Jika dijabarkan lebih lanjut, manfaat dari mengikuti pelatihan yang satu ini adalah sebagai berikut.

Lebih Mengenali Profesinya
Sebagai seorang tenaga medis, entah itu sebagai ahli spesialis, dokter umum, maupun seorang perawat, mereka harus mengetahui jatidiri dari profesi yang mereka emban. Untuk itu dengan pelatihan ini diharapkan bahwa para tenaga medis ini akan memiliki keinginan kuat dan semakin termotivasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam melakukan hal – hal umum seperti perawatan pada luka.

Mampu Mengkaji Luka Pasien
Untuk mampu melakukan suatu perawatan pada pasien yang terluka, para tenaga medis haruslah memiliki kemampuan yang cukup untuk mendiagnosa jenis luka yang sedang pasien alami, hal ini tentu tidak dapat dengan sembarangan dilakukan, oleh karenanya pelatihan perawatan luka ini akan membantu para tenaga medis untuk mampu menentukan jenis luka pada pasien dengan cermat dan tepat agar tidak terjadi malapraktik.

Mampu Membuat Perencanaan Perawatan
Setelah mendapatkan pencerahan tentang jenis luka yang tengah dialami para pasien, para tenaga medis akan menjadi tahu dan paham untuk memutuskan jenis perawatan apa yang harus mereka tempuh agar pasien segera mendapatkan kesembuhan. Jenis luka yang beragam tentunya tidak dengan serta merta dapat ditangani dengan cara yang sama untuk setiap penyebab lukanya.
Semisal pada luka dalam tentunya memerlukan pertolongan pertama berupa identifikasi jenis organ dalam yang terserang, entah itu di bagian dada, perut, maupun organ – organ vital yang lain, dan haruslah segera mendapatkan pertolongan maksimal, sebab pada luka dalam meskipun terlihat baik – baik saja dari luar, namun ternyata luka bagian dalam ini memiliki tingkat luka yang lebih parah karena menyerang organ vital pasien. Berbeda pada penangan luka bagian luar yang secara kasat mata saja bisa dengan cepat menentukan jenis pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Secara Profesional dapat Memberikan Informasi Tentang Luka pada Pasien
Para tenaga ahli yang baik haruslah mampu memberikan motivasi dan menanamkan rasa percaya pada para pasiennya. Adakalanya juga si pasien menanyakan hal – hal berkaitan dengan luka maupun penyakit yang sedang diderita, lewat pelatihan perawatan luka ini diharapkan para tenaga medis akan mampu memberikan penjelasan yang disampaikan dengan cara baik dan mudah dimengerti oleh para pasien agar mereka semakin percaya kepada tenaga medis yang menanganinya.

No comments:

Post a Comment