Wednesday, December 28, 2016

Pelatihan Perawatan Luka, Siapkan Petugas Medis Dengan Keahlian Perawatan Luka

Pelatihan perawatan luka merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dalam dunia medis. Perawat sendiri merupakan tenaga medis yang memberikan pelayanan pada bidang kesehatan untuk masyarakat umum. Di dalam memberikan pelayanan keperawatan, para tenaga perawat sangat bertanggung jawab untuk memberikan asuhan keperawatan yang disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan pasien, khususnya untuk memenuhi kebutuhan dasar sekaligus penanganan kesehatan yang lainnya. Perawat memberikan pelayanan keperawatan yang dilaksanakan melalui setiap institusi sarana pelayanan kesehatan atau melalui praktik mandiri yang dilakukan oleh perawat.
Melakukan Pelatihan Perawatan Luka Dalam Menjalankan Tugas Medis
Salah satu kemampuan yang selama beberapa dekade ini menjadi pelatihan kemampuan bagi mereka yang ingin mengabdikan diri dalam keperawatan adalah perawatan luka. Mengapa luka? Mengingat luka adalah masalah yang selama ini mau tidak mau selalu dihadapi di dalam dunia medis. Maka dari itu, dari sekian banyaknya keahlian, perawatan luka termasuk yang sangat penting sekaligus perlu dikuasai oleh setiap petugas dalam bidang medis.
Penatalaksanaan perawatan luka secara komprehensif adalah modal yang sangat utama untuk sebuah institusi kesehatan sebagai pihak yang memberikan pelayanan kesehatan sepenuhnya kepada pasien. Di Indonesia sendiri memang membutuhkan perawat-perawat yang benar-benar kompeten di perawatan luka. Terutama untuk bekerja dengan profesi multidisiplin yang lain, untuk memberikan pelayanan pada bidang perawatan luka kepada masyarakat. Dimana untuk dapat merawat luka tersebut dibutuhkan suatu pengetahuan yang benar-benar terampil. Bukan hanya dalam memberikan pengobatan yang tepat, akan tetapi termasuk juga perawatan yang berhubungan dengan kebersihan luka maupun pembalutan luka tersebut.
Tujuan Penyelenggaraan Perawatan Luka
Berbicara mengenai tujuan dari pelatihan perawatan luka tidak lain adalah mempersiapkan para tenaga terampil sebagai tenaga kesehatan dengan kemahiran dalam menjalankan perawatan luka. Perawatan luka yang diterapkan dalam pelatihan ini memanfaatkan dressing modern dengan tujuan untuk dapat mempertahankan kelembaban luka agar tetap seimbang.
Selain itu, peserta pelatihan perawatan luka akan mampu memberikan asuhan keperawatan pada para pasien yang mengalami luka holistic sesuai kewenangan standar yang sudah ditetapkan organisasi. Tidak hanya itu, peserta pelatihan juga akan dibekali dengan kemampuan mengkaji luka terhadap para pasien yang membutuhkan perawatan. Termasuk melakukan pemeriksaan faktor penunjang penegakan untuk diagnosa luka, menentukan balutan dengan jenis apa yang tepat, efisien serta akurat digunakan pada luka pasien yang saat itu sedang dirawat, merencanakan perawatan luka yang akan dijalankan berdasarkan pada analisa data dalam mendukung proses kesembuhan luka dari pasien yang ditangani.
Peserta yang sudah menjalani pelatihan perawatan luka mampu memberikan informasi kesehatan untuk setiap pasiennya. Termasuk memberikan informasi tersebut kepada keluarga beserta masyarakat yang ada di sekitar dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Menjalin kerja sama dengan para tenaga kesehatan yang lain sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mendukung penyembuhan luka.
Jika dilihat melalui penjelasan di atas, maka pelatihan perawatan luka memang sangat penting dimiliki oleh setiap tenaga kesehatan. Berbagai macam luka biasa dihadapi oleh setiap tenaga medis, mulai dari luka ringan hingga luka berat yang umumnya berhubungan dengan kecelakaan lalu lintas. Dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni dalam menghimbau pasien dalam merawat lukanya serta membantu pasien untuk menjalankan perawatan luka tersebut secara tepat. Dengan kata lain pelatihan perawatan luka adalah kunci yang sangat penting dalam bidang kesehatan.

No comments:

Post a Comment