Wednesday, December 28, 2016

Mengenal Pelatihan Perawatan Luka Modern Dressing

Dunia kesehatan terus mengalami perkembangan. Bahkan untuk perawatan luka sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Melihat perkembangan ini akhirnya mulai banyak digelar pelatihan perawatan luka bagi para perawat.
Hal ini dimaksudkan supaya para perawat bisa mengikuti perkembangan dari cara perawatan luka ini. Perkembangan perawatan luka ini karena melihat beragamnya profil dari pasien yang mengalami luka.
Biasanya pasien yang memiliki penyakit degeneratif atau kelainan metabolic akan mengalami masalah yang kompleks terkait penyembuhan luka. Maka dari itu para perawat harus belajar metode baru supaya bisa lebih meyesuaikan dengan berbagai masalah yang dialami pasien dan penyembuhan bisa lebih optimal.
Metode penyembuhan luka yang saat ini tengah dikembangkan dan mulai banyak dikenalkan pada perawat adalah metode moisture balance. Istilah metode moisture balance ini lebih dikalangan para perawat lebih dikenal dengan sebutan Modern Dressing. Metode ini dipercaya bisa menyembuhkan luka lebih efektif daripada metode konvensional yang selama ini diterapkan.
Pelatihan modern dressing saat ini juga tengah banyak digalakan supaya para perawat bisa mulai menerapkan metode ini dalam menangani luka pada pasien.
Lalu seperti apakah metode modern dressing tersebut? Berikut sedikit penjelasan tentang metode ini.

Mengenal Modern Dressing.
Metode perawatan luka modern dressing prinsipnya adalah dengan membuat kondisi dibagian luka menjadi lembab secara seimbang. Kondisi kelembaban yang seimbang ini akan membantu dalam proses penyembuhan luka dan juga epitelisasi. Luka kemudian akan dibalut dengan semi occlusive, full occlusive dan kemudian impermeable dressing dengan mempertimbangkan cost, kenyamanan dan juga keamanan pada luka.
Metode ini memiliki banyak keuntungan. Diantaranya seperti membuat pasien tidak merasa nyeri saat balutan diganti. Pasien juga tidak perlu mengganti balutan setiap hari.
Dengan menerapkan metode ini laju epitelisasi juga lebih cepat dan luka bisa lebih cepat sembuh. Pembentukan jaringan parut pada bekas luka juga bisa dicegah. Kemungkinan infeksi pada luka juga ditekan.
Untuk pelatihan dalam menerapkan modern dressing, biasanya perawat akan dilatih untuk melakukan tahap-tahap perawatan luka.
Pertama perawat akan dilatih untuk mengkaji luka, proses pertama adalah mengkaji luka yang dialami pasien. Jenis luka harus dikaji dulu untuk bisa menentukan cara penanganan yang paling tepat.
Cara membersihkan luka juga perlu diperhatikan. Cairan dan metode untuk mencuci luka juga harus disesuiakan dengan jenis lukanya.
Setelahnya adalah proses untuk memilih jenis balutan yang sesuai untuk luka. Ada beberapa jenis balutan dari modern dressing ini. Berikut jenis balutan yang bisa dipilih dan kondisinya :
·  Film Dressing. Dengan film dressing perkembangan  dari proses penyembuhan luka bisa di monitor tanpa harus membuka balutan karena pembalutnya transparan. Balutan ini dipilih untuk kondisi luka dengan epitelisasi, luka insisi, atau low exudate.
·  Hydrocolloid. Balutan tipe ini mengandung suatu partikel hydrophilic yang terikat didalam polymer hydrophobic. Kelembaban pada luka akan dikonversi menjadi gel oleh partikel ini. Balutan ini untuk luka epitelisasi atau luka dengan eksudat minimal
·  Alginate. Pembalutnya dibuat dari polysakarida rumput laut. Balutan ini bisa menghentikan perdarahan minor yang terjadi diluka dan menyerap exudat. Cocok untuk luka yang memiliki eksudat sedang hingga berat.
·  Foam. Memiliki kapasitas cukup tinggi dalam mengabsorbsi eksudat pada luka. Kelembaban berlebih dalam luka juga bisa ditekan. Cocok untuk luka yang memiliki exudat sedang hingga berat.
Itu dia sedikit ulasan mengenai pelatihan perawatan luka modern dressing. Semoga bisa bermanfaat untuk memberi pengetahuan.

No comments:

Post a Comment