Wednesday, December 28, 2016

Pelatihan Modern Dressing, Pengkajian – Perawatan Luka

Pelatihan modern dressing menjadi bagian penting dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dimana pelayanan kesehatan yang dinilai baik harus dibekali dengan tingkat kemampuan yang mumpuni di dalam menjalankan penanganan terhadap berbagai macam kasus. Tentunya dengan disesuaikan dengan kondisi yang tengah dialami oleh masing-masing pasien.
Dengan begitu, sudah menjadi suatu hal yang sangat lumrah jika setiap tenaga medis harus mempunyai kemampuan dalam memberikan kontribusi secara maksimal dan senantiasa mengupgrade kemampuan mereka. Baik dengan mengikuti acara pelatihan, seminar, praktik dan lain sebagainya. Wawasan tenaga medis yang semakin bertambah, termasuk juga pengalaman yang dimilikinya sangat diharapkan mampu lebih handal sekaligus semakin terbiasa memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada pasiennya.
Di dalam pelaksanaan pelatihan yang berfokus pada bidang modern dressing, masing-masing peserta mendapatkan materi pokok cukup penting diterapkan dalam kehidupan nyata. Beberapa diantaranya adalah seperti yang ada di bawah ini.
Pengkajian Luka
Dalam rangkaian proses perawatan, pengkajian luka merupakan langkah yang termasuk paling awal dan tentunya sangat penting dilakukan sebelum pengobatan dilakukan. Pengkajian jenis luka memang perlu dilakukan secara mendalam dan dengan prosedur yang tepat sehingga tindakan penyembuhan maupun pengobatan luka yang cocok dapat diketahui dan diterapkan untuk masing-masing pasien. Maka dari itu, pengobatan tidak dapat dilakukan secara asal. Tenaga medis yang baik akan mencari penyebab luka dari masing-masing pasiennya secara tekun dan teliti, sehingga didapatkan diagnosis tepat yang membantu  menentukan jenis pengobatan yang kemudian diterapkan secara optimal kepada pasien.
Pemilihan Jenis Alat Balutan
Untuk luka dalam maupun luar, dibutuhan balutan untuk melindungi luka yang diderita selama di dalam proses pengobatan. Jenis balutan tersebut harus disesuaikan secara tepat dengan jenis luka yang tengah dialami oleh pasien bersangkutan. Hal tersebut penting dilakukan karena jenis balutan yang dipilih akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesembuhan luka pasien. Dengan begitu, tenaga medis yang baik sudah seharusnya benar-benar memahami kebutuhan yang disesuaikan kondisi pasien saat memberikan balutan. Termasuk dalam memberikan jenis pengobatan tertentu. Terkadang pasien bahkan hanya perlu mendapatkan jenis balutan luka yang sederhana berupa kain kasa dan kapas. Namun, ada kalanya luka pasien membutuhkan sterilisasi sekaligus penopang khusus dengan tujuan mengantisipasi agar kondisi luka tidak semakin parah. Tentunya hal tersebut harus sangat disesuaikan kondisi luka yang diderita oleh masing-masing pasien.
Proses Perawatan Luka
Setelah dilakukan proses pengobatan serta pemberian balutan yang sesuai, masing-masing pasien masih perlu mendapatkan perawatan. Paling tidak perawatan dilakukan hingga kondisi pasien pulih, beberapa bahkan harus dirawat oleh tenaga medis hingga kondisinya benar-benar sembuh. Maka dari itu, selama proses perawatan dan pengobatan penting untuk diberikan perawatan penunjang kesembuhan untuk masing-masing pasien. Terlebih lagi perawatan luka bukan merupakan tindakan yang dapat dilakukan secara asal-asalan. Membutuhkan ketelitian untuk mencegah luka tersebut menjadi semakin parah atau justru proses penyembuhannya semakin lama.
Konsep Hypnosis Selama Proses Pengobatan
Dunia medis yang sekarang ini sudah semakin canggih memang salah satunya dapat diterapkan di dalam pelatihan modern dressing dengan menerapkan media hipnotis. Dalam bidang kesehatan, hipnotis akan dilakukan secara positif dengan tujuan membuat setiap pasien merasa lebih rileks sekaligus tenang saat menjalani proses pengobatan. Demikian halnya ketika pasien menjalani proses perawatan. Pasalnya, di saat pasien merasa nyaman dan tenang, dorongan positif dalam bentuk tingkat kesembuhan menjadi jauh lebih cepat dan peluangnya sangat besar.

No comments:

Post a Comment