Saturday, September 1, 2018

Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Caregiver Pasien Bipolar



Seorang caregiver memiliki tugas yang tidak mudah dan cukup intensif. Ada beberapa jenis pasien yang bisa ditangani oleh seorang dengan profesi ini di mana untuk menjadi seorang yang mampu memberikan perawatan yang tepat secara intensif bagi pasiennya terutama bagi pasien dewasa untuk selalu bisa memberikan perawatan sampai 24 jam, maka seseorang dengan profesi ini harus dibekali dengan kemampuan dan keahlian khusus. Tentu hal ini tidak mudah untuk dilakukan karena seseorang dengan profesi ini harus memiliki pengalaman untuk menangani berbagai jenis permasalahan kesehatan sehingga ia bisa mengatasi pertolongan pertama atau tindakan pertama yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan awal pada beberapa kasus kesehatan tertentu. Lalu bagaimana jika ia harus menangani seseorang dengan permasalahan seperti gangguan bipolar?

Penanganan Khusus Untuk Pasien Bipolar

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang caregiver terhadap pasiennya yang mengidap gangguan mental yang sering disebut dengan bipolar. Namun sebagai seorang dengan profesi untuk merawat pasien dengan beberapa permasalahan kesehatan tertentu sampai pasien tersebut dapat pulih atau setidaknya tidak semakin parah, maka seseorang dengan profesi ini harus memiliki semangat yang tinggi dan pantang menyerah. Pasien bipolar terutama orang dewasa, bukanlah pasien yang mudah. Beberapa orang yang tidak memiliki panggilan dalam hal ini pasti akan dengan cepat menyerah dan tidak ingin melanjutkannya. Namun sebenarnya seorang dengan profesi dengan tugas yang sama dengan seorang perawat ini harus memiliki ketahanan ekstra untuk dengan ikhlas merawat sampai adanya perubahan dari pasien yang mengidap bipolar ini.

Selain keikhlasan untuk bertahan sampai akhir, seorang caregiver juga harus bisa memberikan perhatian lebih bagi pasien yang memiliki permasalahan gangguan seperti ini. Beberapa pasien bipolar dewasa mungkin akan enggan dan mengabaikan perhatian yang diberikan baik oleh keluarga pasien maupun oleh perawat itu sendiri, namun justru hal ini harus tetap dilakukan dan harus dilakukan secara terus menerus. Seseorang menjadi bipolar karena biasanya mereka tidak dapat mengekspresikan apa yang mereka rasakan sehingga wajar jika seorang pasien bipolar dewasa ini akan mengabaikan perhatian yang diberikan.

Hal-Hal Lainnya Yang Harus Diperhatikan Oleh Seorang Caregiver Untuk Pasien Bipolar

Menjadi caregiver adalah tugas dan pekerjaan yang mulia. Sebagai seorang perawat yang akan memberikan perhatian dan perawatan intensif bagi pasiennya, maka penting untuk membantu sang pasien dalam beberapa hal termasuk untuk bisa mengatur hidup mereka dengan lebih baik. Misalnya saja untuk menyadari dan menentukan apa yang menjadi tujuan hidup mereka dan motivasi apa yang harus mereka miliki agar tetap bersemangat dan bangkit dari gangguan mental bipolar yang juga akan mempengaruhi bagaimana pasien tersebut memandang kehidupan mereka saat ini. Untuk itulah seseorang yang memiliki tugas merawat sang pasien juga harus memiliki hati yang tulus untuk bisa selalu memberikan perhatian penuh.

Setiap perawat juga harus memiliki keahlian untuk selalu memberikan penghargaan bagi pasien bipolar. Yang harus dilakukan seseorang pada posisi di mana mereka harus merawat seorang yang memiliki gangguan ini adalah untuk bisa dengan rendah hati memahami dan berpikir positif mengenai bagaimana mood yang mudah naik turun dari seorang pengidap bipolar ini. Setiap pasien tersebut tentunya menjadi seperti yang mereka alami saat ini karena beberapa alasan tertentu dan terkadang mereka juga tidak menginginkannya. Untuk itu setiap caregiver dituntut untuk bisa memberikan perawatan setulus hati tanpa mengharapkan apapun atau tidak melakukannya di bawah tekanan.

No comments:

Post a Comment