Saturday, September 1, 2018

Jasa Caregiver Lansia: Sebuah Solusi, Bukan Pelarian




Jasa perawat lansia sering disalahartikan sebagai upaya pelarian dari anggota keluarga supaya terbebas dari beban moral perawatan. Namun sebenarnya jasa caregiver ini adalah solusi paling rasional dan justru sangat manusiawi.

Jasa ini merupakan solusi paling rasional dibandingkan risiko-risiko yang justru akan sangat merugikan tak hanya bagi lansia yang membutuhkan perawatan, tapi seluruh anggota keluarga lain. Kalau ada salah satu anggota keluarga yang menginjak usia lanjut dan benar-benar butuh perawatan karena menderita sakit, siapakah yang akan merawatnya?

Prioritas Waktu

Kebanyakan orang yang masih naif memandang dari aspek moralitas pasti memberikan jawaban bahwa sudah kewajiban dari anggota keluarga untuk merawatnya. Ya kalau memang ada yang punya kapasitas melakukannya. Perkara mau tidak mau ya sudah jelas menjadi kewajiban. Persoalannya, sampai sejauh mana punya kemampuan melakukan perawatan terlebih jika sedang menderita sakit. Dan ada masalah yang sangat vital di sini yaitu waktu.

Banyak orang selalu bicara tentang luangkan waktu bagi orang tua di rumah atau semacamnya. Hal-hal seperti itu sudah sewajarnya dan memang jadi tanggung jawab si anak atau anggota keluarga lain yang lebih muda. Sayangnya, waktu yang kita miliki dalam sehari cuma 24 jam dan itu mesti terbagi dari aktivitas dan tanggung jawab lainnya.

Tak terbayangkan konsekuensi semacam apa yang terjadi bila perawatan lansia di rumah dilakukan sekadarnya karena masalah waktu. Juga, banyak yang lupa bahwa jasa caregiver tidak dipraktikkan sembarangan. Mereka punya kemampuan khusus di bidang medis dan psikologi yang dipelajari dari teori dan praktik selama bertahun-tahun.

Menepis Persepsi Negatif

Salah kaprah perihal jasa perawatan lansia dipicu oleh sejumlah faktor yang kompleks di masyarakat. Stigma negatif kian menguat seiring praktik representasi karakter perawat orang lanjut usia dalam kisah-kisah fiksi populer yang ditayangkan dan dikonsumsi masyarakat. Kedudukan orang tua yang sedang sakit dan menua kian tak berdaya karena anggota keluarga lain seolah sudah tak mempedulikan lagi.

Keadaan tersebut nampak konteksual di sini karena kehadiran seorang jasa perawat untuk lansia di Indonesia masih dianggap baru meskipun sebenarnya sudah ada sejak lama. Fakta perihal manfaat jasa perawatan lansia nyaris terkesampingkan disebabkan faktor-faktor kompleks tadi.

Profesional dan Manusiawi

Jasa ini bekerja secara profesional dan yang paling penting ialah manusiawi. Tenaga terampil yang akan mendampingi dan merawat orang tua tersayang tidak bekerja seperti robot. Mereka telah sangat terlatih untuk bekerja sesuai kondisi tempat dan lingkungan. Memahami karakter pihak yang dirawat sekaligus mampu membangun interaksi yang tercipta dari empati.

Kehadiran jasa ini di tengah keluarga tidak menciptakan batas yang kian memisahkan orang tua dengan penghuni rumah yang lain. Justru masing-masing bisa hidup nyaman sesuai privasinya tapi tidak merenggangkan atau memutuskan kedekatan bersama orang tua. Itulah kunci membangun solusi perawatan orang lansia di rumah.

Jasa Homecare di Indonesia

Pelayanan homecare di Indonesia semakin berkembang dan dikelola berdasarkan standar berlaku. Setiap tenaga perawat dapat dibandingkan dan dipilih berdasarkan spesifikasinya. Pihak yang akan menyewa layanan homecare bisa mempertimbangkan dulu berdasarkan rekomendasi.

Makin Mudah dan Terpercaya

Jasa caregiver di Indonesia telah menyediakan opsi terbaik untuk seluruh keluarga. Mencari jasa ini jadi lebih mudah karena banyak yayasan atau agen profesional penyedia tenaga-tenaga terampil terpilih. Masing-masing dapat dipercaya dengan akses komunikasi kian simpel termasuk penyediaan layanan pemesanan via online.

No comments:

Post a Comment