Saturday, September 1, 2018

Jasa Homecare Perawat Lansia di Indonesia



Tenaga perawat lansia adalah bagian dari jasa homecare yang telah berkembang di Indonesia. Layanan caregiver ini ditujukan meminimalisir dampak penyakit yang diderita sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kemandirian pihak yang dirawat.

Masih minimnya informasi tentang jasa tersebut disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal disebabkan kurang luasnya penyebaran informasi terkait bagi masyarakat yang membutuhkan. Faktor kedua tak lain karena persepsi di masyarakat yang cenderung memperlakukan urusan perawatan orang lanjut usia sebagai sesuatu yang tabu.

Faktor kedua itulah yang sampai hari ini cukup kuat dan sering menimbulkan keengganan menyewa tenaga perawat profesional. Rasa malu dan sungkan karena dianggap tak berbakti pada orang tua dengan menyerahkan perawatannya kepada orang lain. Seolah-olah dianggap begitu saja lepas tangan dan tak mau tanggung jawab pada orang tua yang dulu merawat semenjak kecil.

Tapi apa benar demikian?

Homecare Tidak Memutus Tanggung Jawab kepada Lansia

Menyerahkan perawatan lansia pada tenaga perawat profesional tidak sama dengan melepaskan tanggung jawab. Perawatan lansia oleh tenaga perawat bukannya tanpa alasan yang masuk akal. Ada banyak faktor yang justru akan sangat solutif jika mengandalkan layanan tersebut. Terutama untuk lansia yang sedang menderita sakit dan butuh dukungan medis secara profesional.

Keputusan melakukan perawatan di dalam rumah pun sudah sangat bagus karena hal itu akan berdampak positif bagi lansia. Kedekatan hubungan dengan anggota keluarga lain tetap terjaga, dan secara psikologis berpengaruh bagus untuk peningkatan kemandirian dan menghindarkan risiko akibat penyakit yang diderita.

Pelayanan Medis

Usai menjalani penanganan medis di rumah sakit, untuk beberapa kasus penyakit yang serius harus membutuhkan  layanan berkala. Pemeriksaan rutin dari dokter serta pemberian obat dan konsultasi mesti dijadwalkan. Pelayanan medis akan menciptakan kenyamanan bagi pihak pasien karena merasa nyaman jika pemberian obat dan pengecekan dilakukan di rumah sendiri.

Pihak pasien dan keluarga tinggal menyesuaikan jadwal pemeriksaan medis dan menunggu di rumah. Tidak usah capek bolak-balik dari rumah ke dokter atau rumah sakit. Hal ini pun sangat membantu pasien lansia supaya tidak kelelahan karena terkuras tenaganya selama perjalanan.

Penanganan Berkelanjutan

Jasa perawat lansia bertanggung jawab atas penanganan berkelanjutan pada pasien dengan sejumlah tahapan tindakan. Meliputi perawatan harian untuk tujuan preventif, menganalisis kondisi kesehatan, dan tindakan penyembuhan atau rehabilitatif.

Operasional Penunjang Medis

Mustahil melakukan perawatan di rumah tanpa adanya bantuan tenaga medis profesional jika penyakit yang diderita mesti dipantau secara intensif. Tenaga perawat bekerja profesional dengan sarana operasional yang menunjang. Ketersediaan alat operasional medis ini hanya ada dari pihak rumah sakit atau profesional medis begitu juga cara menggunakannya.

Pasien lansia dengan penyakit berat semisal stroke akan membutuhkan layanan fisioterapi. Dengan operasional penunjang medis ini akan berupaya memulihkan kondisi fisik serta gangguan fungsional neuromuskular. Penyediaan dan pemasangan alat operasional penunjang medis dilakukan oleh pihak penyedia caregiver dan ditempatkan sesuai kondisi kamar atau tempat perawatan di dalam rumah.

Dukungan Psikologis

Tingkat harapan kesembuhan penyakit bakal meningkat pesat jika sang pasien merasa semakin nyaman dan tidak terintimidasi oleh kondisi penyakitnya. Rumah adalah tempat yang paling ideal untuk mewujudkan kondisi tersebut. Dukungan emosional dari semua anggota keluarga yang lain ditambah perawatan profesional tenaga medis bakal mengembalikan kestabilan diri si pasien lansia. Dengan kata lain, jasa homecare adalah solusi paling tepat untuk perawatan pasien lansia dengan penyakit berat.

No comments:

Post a Comment