Monday, September 3, 2018

Bagaimana Cara Memilih Jasa Caregiver Lansia


Urusan memilih jasa perawat lansia biasanya menyulitkan karena biasanya masih ada keraguan apakah memang dapat diandalkan. Fokus perhatian penanganan medis dan psikologis lansia mesti diilakukan seorang caregiver terampil dan terpercaya.

Seorang perawat dituntut memiliki sejumlah kemampuan umum dan khusus. Ditempatkan di dalam rumah jelas sangat berbeda dengan kondisi di ruang inap rumah sakit atau dokter. Apalagi rumah itu berpenghuni anggota keluarga dari si pasien sendiri dengan beragam karakter yang menciptakan atmosfir berbeda-beda di setiap tempat tinggal.

Seorang perawat lansia di rumah juga bukan sebagai pengganti peran anak atau anggota keluarga yang bertanggung jawab atas pasien. Dalam beberapa hal teknis memang demikian. Namun dalam kerangka proses penanganan atau penyembuhan merupakan tenaga terampil alias profesional. Bahkan dalam beberapa kasus tenaga profesional ini mampu menguatkan ikatan emosional di antara anggota keluarga dengan pasien lansia.

Jasa perawat ini ditawarkan sebagai praktik homecare yang dapat dipilih di sejumlah yayasan atau agen. Dan tentu saja pemilihannya tak bisa dilakukan sembarangan. Kewaspadaan harus ditingkatkan saat akan memilih karena menyewa jasa ini berarti memasukan orang lain yang tidak punya hubungan kekerabatan atau pertemanan di awal, dan murni sebagai hubungan profesional antara tenaga medis dan klien.

Berdasarkan kemampuan yang wajib dimiliki seorang tenaga perawat, ada beberapa tips memilih jasa sebagai berikut.

Punya Kemampuan Artikulasi Komunikasi

Ketrampilan berkomunikasi dengan artikulasi handal wajib dimiliki oleh seorang caregiver. Menghadapi lansia yang punya pribadi berbeda-beda harus bisa membawakan diri sesuai keadaan. Di samping itu juga mampu menjaga hubungan yang sehat antara anggota keluarga dengan si perawat dan pasien lansia.

Perawat berperan tak hanya dalam hubungan profesional tapi sebagai teman yang mendampingi keseharian pasien. Proses komunikasi yang sangat baik dengan pasien dan para anggota keluarga di rumah akan memberikan dampak positif bagi tujuan penyembuhan atau penanganan yang diharapkan.

Kemampuan Adaptasi di Setiap Tempat

Tiap rumah dan seisi penghuninya termasuk pasien lansia punya latar belakang berbeda. Perawat yang dipilih wajib memiliki kemampuan adaptasi yang cepat. Kemampuan itu bakal menghemat waktu proses pengenalan dan adaptasi serta membina proses perawatan medis yang ideal.

Kemampuan ini sangat bermanfaat saat menghadapi beberapa kondisi yang tak diinginkan karena si perawat telah mengenali dan memahami lingkungan tempat bekerja. Ia bisa mengambil langkah paling taktis dan solutif di segala situasi yang dihadapi.

Pribadi Terbuka dan Positif

Tugas seorang perawat juga mampu memberikan motivasi bagi pasien yang terus menerus menciptakan harapan mewujudkan kesembuhan atau kemampuan bertahan semaksimal mungkin. Pribadi terbuka yang selalu mendengarkan pasien dan merespons secara positif akan membangun sinergi hidup yang berkualitas.

Bisa Bekerjasama

Seorang perawat dituntut memiliki kemampuan koordinasi dan kerjasama demi kelancaran proses kesembuhan atau penanganan lansia selama di rumah. Tahu kapan menempatkan diri dan bisa bertindak proaktif untuk segala situasi terkait kondisi kesehatan pasien. Kemampuan membangun kerjasama ini mutlak dan tak hanya kepada pasien juga ke seluruh anggota keluarga. Diperlukan juga kemampuan menjalin diskusi dengan pasien dan anggota keluarga terkait solusi kesehatan yang disarankan serta penanganan yang ideal di dalam rumah.

Kemampuan Medis

Hal ini sangat vital karena menjadi dasar tugas dari seorang perawat di rumah. Kemampuannya menangani beragam kondisi yang dialami oleh pasien serta terampil menggunakan sarana operasional medis di rumah.

No comments:

Post a Comment